RPP TIK KARAKTER OPERASI DASAR KOMPUTER


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP
:
Negeri 13 Surabaya
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Kompetensi Dasar
:
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating sistem dengan sistematis.
Indikator
:
-        Mengidentifikasi bagian-bagian windows explorer
-        Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder.
-        Melakukan berbagai pengaturan dalam sistem operasi windows.
Alokasi Waktu
:
3 x pertemuan (6 x 40 menit)

A.   Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif :
a.      Produk :
Disajikan tampilan layar utama Windows,   secara mandiri peserta didik dapat :
1).    menyebutkan bagian-bagian windows explorer
2).    menjelaskan  fungsi bagian-bagian windows explorer
b.      Proses :
1).    Mengidentifikasi menu-menu pada windows explorer
2.      Psikomotor :
a.       membuka tampilan Windows Explorer melalui tombol Start dengan tepat
b.      mengganti wallpaper melalui tombol start
c.       melakukan pengaturan screen saver dengan teliti
d.      mengganti nama file melalui menu bar pada layar windows explorer
e.       menghapus file secara permanen menggunakan menu bar pada tampilan windows explorer
f.       menggandakan file melalui menu bar pada layar Windows Explorer dengan tepat
3.      Afektif  :
a.       Karakter yang di tanamkan : teliti, mandiri, jujur, tanggung jawab, menghargai pendapat orang lain.

B.   Materi Pembelajaran
1.      Mengelola file menggunakan windows explorer
2.      Berbagai pengaturan dalam sistem operasi windows

C.   Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : CTL
2.      Model              : Ceramah variatif, Cooperative learning, tutor sebaya

D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Bentuk
Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan
Waktu
(menit)
Pendahuluan

1.      Berdo’a
2.      Menyapa peserta didik dengan ramah dengan memberikan salam dan mengecek kehadiran siswa ( karakter : ramah dan disiplin).
3.      Motivasi :,” Jika kita memiliki banyak file di dalam komputer bagaimana cara mengelolanya ?”.
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran

10
Kegiatan Inti
GURU
SISWA
60
1.      Guru meminta siswa untuk membaca materi,” mengelola file menggunakan windows explorer,” dalam buku paket.
2.      Dengan menggunakan LCD proyektor guru menjelaskan bagian-bagian  windows explorer dan fungsinya.
3.      Memberikan ringkasan materi tentang bagian-bagian windows explorer dan fungsinya.

1.      Membaca materi dalam  buku BSE yang telah dibagikan dari sekolah.



2.      memperhatikan dan mengamati penjelasan guru.


3.      mencatat ringkasan materi bagian-bagian windows explorer dan fungsinya.
Penutup
1.      melakukan evaluasi terhadap kemajuan pembelajaran siswa.
2.      meminta siswa untuk meningkatkan kompetensinya dengan berlatih menjawab soal-soal menggunakan multimedia interaktif yang dapat di download di : http://www.pakdekaryo.blogspot.com/
10

Pertemuan kedua
Bentuk
Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan
Waktu
(menit)
Pendahuluan

1.      Berdo’a
2.      Menyapa peserta didik dengan ramah dengan memberikan salam dan mengecek kehadiran siswa ( karakter : ramah dan disiplin).
3.      Motivasi :,” bagaimanakah caranya untuk memindahkan file dari komputer ke flashdisk atau sebaliknya ?”.
4.      Membentuk kelompok tutor dan siswa berdasarkan hasil evaluasi pertemuan pertama
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran

10
Kegiatan Inti
GURU
SISWA
60
1.      Guru memberikan materi kepada kelompok tutor di ruang laboratorium. Sementara kelompok siswa menunggu di kelas sambil mempelajari materi yang relevan.
2.      Guru Mendemonstrasikan cara  :
a.       mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
b.      Menggandakan file
c.       Mengganti nama file
d.      Menghapus file secara permanen
3.      Guru berkeliling mengamati interaksi  yang terjadi dalam proses pembelajaran

1.      Kelompok tutor  di ruang laboratorium untuk mendapatkan materi secara langsung dari guru.



2.      Siswa mengamati dan memperhatikan demonstrasi yang dilakukan oleh guru.
3.       Siswa mempraktekkan materi sesuai yang di demonstrasikan guru.
4.      Kelompok siswa memasuki laboratorium
5.      Kelompok tutor membimbing siswa lainnya secara mandiri.

Penutup
1.      Guru melakukan evaluasi unjuk kerja terhadap kelompok terbimbing  (LP-1, LP-2, LP-3, LP-4).
2.      Siswa diminta untuk mempelajari materi berikutnya dirumah.
3.      Berdo’a
10

Artikel Terkait Lainnya Seputar:





0 komentar:

  © Referensi IPTEK di dukung : Pakde Karyo Pakde Karyo 2011

Back to TOP