RPP TIK KARAKTER SEJARAH TIK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 1.2/VII/1
Sekolah | : | SMP Negeri 13 Surabaya | |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) | |
Kelas/ Semester | : | VII (tujuh)/ 1 (satu) | |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang | |
Kompetensi Dasar | : | 1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang | |
Indikator | : | Siswa berfikir logis untuk : | |
l.2.1 l.2.2 l.2.3 l.2.4 | Mendeskripsikan perkembangan perangkat TIK masa lalu. Mengidentifikasi media komunikasi tradisional Mendeskripsikan perkembangan perangkat TIK masa modern. Mengidentifikasi media komunikasi modern | ||
Alokasi Waktu | : | 2 x pertemuan (4 x 40 ) | |
A. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif :
a. Produk :
1. Menjelaskan perkembangan peralatan TIK masa pra sejarah
2. Menjelaskan perkembangan peralatan TIK tahun 300 SM sampai 1400 M
3. Menjelaskan perkembangan TIK masa modern (1400 sampai sekarang)
4. Mengidentifikasi peralatan TIK masa modern dengan cermat
b. Proses :
1. Menemukan informasi dari internet yang relevan dengan materi.
2. Psikomotor :
1. Mempresentasikan hasil diskusi
3. Afektif :
Dalam proses pembelajaran siswa berkembang karakter cermat, jujur, mensyukuri nikmat Tuhan, berfikir logis, dan disiplin.
B. Materi Pembelajaran
Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan CTL
2. Model: Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Kegiatan | Langkah-langkah Kegiatan | Waktu (menit) | |
Pendahuluan | 1. Berdoa 2. Menyapa siswa dengan santun dan ramah 3. Mengecek kehadiran siswa 4. Memberikan motivasi,” Bagaimanakah orang-orang pada jaman dahulu melakukan komunikasi ?”. 5. Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang sejarah perkembangan TIK dengan santun dan demokratis 6. Menyampaikan tujuan pembelajaran | 10 | |
Kegiatan inti | Guru | Siswa | 60 |
1. Membimbing siswa membentuk kelompok. 2. Mengamati kerjasama masing-masing kelompok dalam diskusi 3. Memberikan penghargaan kepada siswa yang telah melakukan kegiatan dengan baik. 4. Menayangkan multimedia tentang sejarah perkembangan TIK (LP-1) | 1. Peserta didik membentuk kelompok diskusi dengan tertib 2. Melalui kerjasama peserta didik berdiskusi dan mencari informasi dari buku dan internet tentang tentang sejarah perkembangan TIK 3. Mempresentasikan hasil diskusi dengan percaya diri 4. Mencermati tayangan multimedia yang disediakan guru. | ||
Penutup | 1. Membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran 2. Menugaskan siswa untuk mempelajari kembali materi ini di rumah untuk persiapan evaluasi dalam pertemuan berikutnya. 3. Berdo’a | 10 |
Pertemuan kedua
Uji Kompetensi (40 menit mengerjakan soal, 40 menit pembahasan )
Uji kompetensi dilakukan dengan soal interaktif yang ditampilkan secara offline (LP-2) di 20 unit komputer yang tersedia dalam ruangan laboratorium. Untuk menghindari kerja sama antar siswa, soal dan pilihan jawaban dibuat muncul secara acak. Skor penilaian bervariasi tergantung tingkat kesulitan soal. Jika telah selesai nilai yang diperoleh siswa langsung muncul.
E. Sumber Belajar
a. Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.),
b. Buku yang relevan, internet, tayangan multimedia.
F. Penilaian
Nomor | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
1.2.1. | Mendeskripsikan perkembangan perangkat TIK masa lalu | Tes tulis | Pilihan Ganda | LP-2 |
1.2.2. | Mengidentifikasi media komunikasi tradisional | Tes tulis | Pilihan Ganda | LP-2 |
1.2.3. | Mendeskripsikan perkembangan perangkat TIK masa modern. | Tes tulis | Pilihan Ganda | LP-2 |
1.2.4. | Mengidentifikasi media komunikasi modern | Tes tulis Assesment | Pilihan ganda Skala likert | LP-2 LP-3 |
Catatan :
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
Mengetahui Kepala SMP N 13 Surabaya Drs. Suwito, M. Pd. NIP.19610311 198603 1 017 | Surabaya, 05 Juli 2010 Guru Mata Pelajaran, Karyadi, S. Pd. NIP.19730722 200801 1 006 |
Lampiran : LP-1
Multimedia Interaktif Sejarah Perkembangan TIK
Multimedia yang digunakan adalah software bantuan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur produksi creasitech dengan sebagian tampilan sebagai berikut :
Lampiran : LP-2
Instrumen Tes pilihan ganda secara Offline
Soal ini dibuat menggunakan wondershare quiz creator yang dipublish dalam format executable dengan tampilan sebagai berikut :
Secara keseluruhan soal yang ditampilkan adalah sebagai berikut :
1. | Alat komunikasi masa lalu yang digunakan untuk memanggil umat islam agar berkumpul di suatu tempat adalah ... .
| ||||||||
2 | Pesawat televisi diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal oleh seorang ahli bernama ... .
| ||||||||
3 | Alat komunikasi yang cara penyampaian komunikasinya menggunakan denyut listrik adalah ... .
| ||||||||
4 | Dibawah ini yang bukan merupakan teknologi televisi adalah ... .
| ||||||||
5 | Berikut ini adalah kelebihan telepon yang menggunakan jaringan code division mulitiple access (CDMA), kecuali ... .
| ||||||||
6 | Kelebihan radio yang menggunakan frekuensi modulation (FM) dibandingkan amplitudo modulation (AM) adalah ... .
| ||||||||
7 | Pernyataan dibawah ini yang benar adalah ... .
| ||||||||
8 | Berdasarkan bentuknya komputer dibedakan menjadi komputer ... .
| ||||||||
9 | Komputer yang digunakan untuk program khusus disebut ... .
| ||||||||
10 | Salah satu aplikasi internet yang digunakan untuk menjelajah (browsing) internet adalah ... .
| ||||||||
11 | Andri ingin mengirim
| ||||||||
12 | Mesin ketik modern pertama kali diemukan oleh ... .
| ||||||||
13 | Komputer general purpose yang pertama kali ditemukan Charles Babage disebut ... .
| ||||||||
14 | Dibawah ini adalah ciri-ciri komputer ENIAC, kecuali ... .
| ||||||||
15 | Dibawah ini yang bukan ciri komputer generasi ke dua adalah ... .
|
Maap artikel tidak bisa tampil sempurna karena terbatasnya space. untuk mendapatkan versi doc lengkap plus silabusnya silahkan klik disini.
0 komentar:
Posting Komentar