RPP TIK KARAKTER SEJARAH TIK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 1.2/VII/1

Sekolah
:
SMP Negeri 13 Surabaya
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1.   Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang
Kompetensi Dasar
:
1.2    Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang
Indikator
:
Siswa berfikir  logis untuk :
l.2.1

l.2.2

l.2.3

l.2.4

Mendeskripsikan perkembangan perangkat TIK masa lalu.
Mengidentifikasi media komunikasi tradisional
Mendeskripsikan perkembangan perangkat TIK masa modern.
Mengidentifikasi media komunikasi modern
Alokasi Waktu
:
2 x  pertemuan (4 x 40 )



A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif :
a.       Produk :
1.      Menjelaskan perkembangan peralatan TIK masa pra sejarah
2.      Menjelaskan perkembangan peralatan TIK  tahun 300 SM sampai 1400 M
3.      Menjelaskan perkembangan TIK  masa modern (1400 sampai sekarang)
4.      Mengidentifikasi peralatan TIK masa modern dengan cermat
b.      Proses :
1.      Menemukan informasi dari internet yang relevan dengan materi.
2.      Psikomotor :
1.      Mempresentasikan hasil diskusi
3.      Afektif :
Dalam proses pembelajaran siswa berkembang karakter cermat, jujur, mensyukuri nikmat  Tuhan, berfikir logis, dan disiplin.

B.     Materi Pembelajaran
Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

C.    Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan  CTL
2.      Model: Cooperative Learning

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama

Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan
Waktu (menit)
Pendahuluan
1.       Berdoa
2.       Menyapa siswa dengan santun dan ramah
3.       Mengecek kehadiran  siswa
4.       Memberikan motivasi,” Bagaimanakah orang-orang pada jaman dahulu melakukan komunikasi ?”.
5.       Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang sejarah perkembangan TIK dengan santun dan demokratis
6.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
10
Kegiatan inti
Guru
Siswa
60
1.         Membimbing siswa membentuk kelompok.

2.         Mengamati kerjasama masing-masing kelompok dalam diskusi


3.         Memberikan penghargaan kepada siswa yang telah melakukan kegiatan dengan baik.
4.         Menayangkan multimedia tentang  sejarah perkembangan TIK (LP-1)
1.      Peserta didik membentuk kelompok diskusi dengan tertib
2.      Melalui kerjasama peserta didik berdiskusi dan mencari  informasi dari  buku dan internet   tentang tentang sejarah perkembangan TIK
3.      Mempresentasikan hasil diskusi dengan percaya diri



4.      Mencermati tayangan multimedia yang disediakan guru.

Penutup
1.      Membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
2.      Menugaskan siswa  untuk mempelajari kembali materi ini  di rumah untuk persiapan evaluasi dalam pertemuan berikutnya.
3.      Berdo’a
10

Pertemuan kedua
Uji Kompetensi (40 menit mengerjakan soal, 40 menit pembahasan )
Uji kompetensi dilakukan  dengan soal interaktif yang ditampilkan secara offline (LP-2) di 20 unit komputer yang tersedia dalam ruangan laboratorium. Untuk menghindari kerja sama antar siswa, soal dan pilihan jawaban dibuat muncul secara acak. Skor penilaian bervariasi tergantung tingkat kesulitan soal. Jika telah selesai nilai yang diperoleh siswa langsung muncul.

E.     Sumber Belajar
a.       Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.),
b.      Buku yang relevan, internet, tayangan multimedia.

F.     Penilaian
Nomor
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.2.1.
Mendeskripsikan perkembangan perangkat TIK masa lalu
Tes tulis

Pilihan Ganda

LP-2

1.2.2.
Mengidentifikasi media komunikasi tradisional
Tes tulis

Pilihan Ganda

LP-2

1.2.3.
Mendeskripsikan perkembangan perangkat TIK masa modern.
Tes tulis

Pilihan Ganda

LP-2

1.2.4.
Mengidentifikasi media komunikasi modern
Tes tulis


Assesment
Pilihan ganda


Skala likert
LP-2


LP-3

Catatan :
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________

Mengetahui
Kepala SMP N 13 Surabaya


Drs. Suwito, M. Pd.
NIP.19610311 198603 1 017
Surabaya, 05 Juli  2010
Guru Mata Pelajaran,


Karyadi, S. Pd.
NIP.19730722 200801 1 006




Lampiran : LP-1
Multimedia Interaktif Sejarah Perkembangan TIK
Multimedia yang digunakan adalah software bantuan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur  produksi creasitech  dengan sebagian tampilan sebagai berikut :

Lampiran : LP-2
Instrumen Tes pilihan ganda secara Offline
Soal ini dibuat menggunakan wondershare quiz creator yang dipublish dalam format executable dengan tampilan sebagai berikut :


 Secara keseluruhan soal yang ditampilkan adalah sebagai berikut :
1.

Alat komunikasi masa lalu yang digunakan untuk memanggil umat islam agar berkumpul di suatu tempat adalah ... .
a.
lonceng
b.
asap
c.
bedug
d.
lentera penyorot
2

Pesawat televisi diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal oleh seorang ahli  bernama ... .
a.
Alexander Bain
b.
Paul Gottlieb Nipkow
c.
Graham Bell
d.
Samuel Finley Breese Morse
3

Alat komunikasi yang cara penyampaian komunikasinya menggunakan denyut listrik adalah ... .
a.
radio
b.
telapon
c.
telegraf
d.
televisi
4

Dibawah ini yang bukan merupakan teknologi televisi adalah ... .
a.
cathode rays tube (CRT)
b.
liquid cristall display (LCD)
c.
digital TV
d.
Plasma TV
5

Berikut ini adalah kelebihan telepon yang menggunakan jaringan code division mulitiple access (CDMA), kecuali ... .
a.
mampu menerima sinyal lebih baik
b.
cakupannya lebih luas dibandingkan jaringan GSM
c.
memungkinkan lebih banyak orang untuk berbagi gelombang udara pada saat bersamaan tanpa gangguan sinyal udara
d.
kualitas suara lebih jernih dibandingkan jaringan GSM
6

Kelebihan radio yang menggunakan frekuensi modulation (FM) dibandingkan amplitudo modulation (AM) adalah ... .
a.
jangkauan sinyal lebih jauh dibandingkan frekuensi AM
b.
pada malam hari jangkauan sinyal mencapai ribuan mil
c.
kebal terhadap gangguan frekuensi rendah
d.
frekuensi FM lebih kecil dibandingkan AM sehingga jangkauannya pendek
7

Pernyataan dibawah ini yang  benar adalah ... .
a.
PDA merupakan peralatan TIK yang berfungsi menyimpan, membaca, dan mengorganisasi informasi
b.
Faksimili mengirimkan data dengan mengandalkan denyut listrik
c.
Kelemahan telepon tetap (telepon rumah) adalah ketidakstabilan sinyal pada cuaca tertentu.
d.
bagian telepon yang berfungsi mengubah suara menjadi arus listrik adalah  ringer
8

Berdasarkan bentuknya komputer dibedakan menjadi komputer ... .
a.
mini, mikro, mainframe
b.
tower, desktop, laptop
c.
mini, desktop, digital
d.
digital, analog, hybrid
9

Komputer yang digunakan untuk program khusus disebut ... .
a.
dedicated computer
b.
embedded computer
c.
general purpose computer
d.
special purpose computer
10

Salah satu aplikasi internet yang digunakan untuk menjelajah (browsing) internet adalah ... .
a.
e-mail
b.
Mozilla Firefox
c.
Facebook
d.
Windows Explorer
11

Andri ingin mengirim surat menuju alamat elektronik milik Hendro, maka aplikasi yang paling tepat digunakan adalah ... .
a.
Twitter
b.
e-mail
c.
internet explorer
d.
windows explorer
12

Mesin ketik modern pertama kali diemukan oleh ... .
a.
Henry Mill
b.
Joseph Henry
c.
Joseph Begun
d.
Thomas Alva Edison
13

Komputer general purpose yang pertama kali ditemukan Charles Babage disebut ... .
a.
Analytical engine
b.
abacus
c.
Eniac
d.
Enivac
14

Dibawah ini adalah ciri-ciri komputer ENIAC, kecuali ... .
a.
sudah dapat menyimpan data
b.
memiliki 70.000 resistor
c.
membutuhkan daya 175 watt
d.
terdiri dari 18.000 tabung vakum
15

Dibawah ini yang bukan ciri komputer generasi ke dua adalah ... .
a.
bentuknya lebih kecil karena menggunakan integrated circuit (IC)
b.
komponen utama adalah transistor, sehingga bentuknya lebih kecil
c.
kapasitas memori utama cukup besar
d.
menggunakan magnetic tape dan magnetic disk berbentuk removable disk


Maap artikel tidak bisa tampil sempurna karena terbatasnya space. untuk mendapatkan versi doc lengkap plus silabusnya silahkan klik disini.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:





0 komentar:

  © Referensi IPTEK di dukung : Pakde Karyo Pakde Karyo 2011

Back to TOP