RPP TIK KELAS 7 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 01
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 13 Surabaya
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 1 (satu)
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
|
Memahami penggunaan teknologi informsi dan
komunikasi dan prospeknya di masa mendatang.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1
|
Mengidentifikasi berbagai peralatan
teknologi informasi dan komunikasi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x pertemuan (4 x 40 menit)
|
|
|
|
|
A.
Indikator
1.
Menjelaskan pengertian teknologi informasi dan komunikasi
2.
Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan
komunikasi
3.
Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi
dan komunikasi
B.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian teknologi informasi
dan komunikasi dengan tepat
2.
Siswa dapat mengidentifikasi peralatan teknologi
informasi dengan tepat
3.
Siswa dapat mengidentifikasi peralatan teknologi komunikasi
dengan tepat
4.
Setelah belajar melalui
multimedia interaktif siswa dapat menjelaskan fungsi berbagai peralatan
TIK dengan tepat.
C.
Materi Pembelajaran
Peralatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi :
1.
Pengertian Teknologi
Informasi dan Komunikasi
2.
Peralatan teknologi Informasi
3.
Peralatan Teknologi komunikasi
4.
Fungsi berbagai peralatan TIK
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan
|
:
|
PAIKEM (Contextual Teaching Learning)
|
Model
|
:
|
Pembelajaran
kooperatif
|
Metode
|
:
|
ceramah
variatif, diskusi.
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke : 1
Langkah-langkah Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
Pendahuluan
1. Apersepsi
a) Guru menanyakan kepada
siswa, “Siapakah yang pernah menggunakan telepon “?
b) Siapakah yang bisa
menjelaskan bagian-bagian telepon ?
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
8
2
|
|
|
Kegiatan Inti :
1.
Guru menggali
pengetahuan awal melalui pertanyaan atau tanya jawab.
2.
Guru membagi
kelompok siswa , masing-masing
kelompok terdiri dari 4-5 orang. Masing-masing kelompok diundi untuk mendiskusikan satu peralatan TIK yang
harus dipelajari.
3.
Masing-masing kelompok
diberikan kesempatan mendiskusikan peralatan TIK yang menjadi tanggung
jawabnya.
4.
Secara berurutan
setiap kelompok melempar pertanyaan seputar peralatan TIK tertentu ke
kelompok lain.
5.
Jika pertanyaan tidak
dapat dijawab, maka kelompok tersebut tidak mendapat nilai, jika dapat
dijawab diberi nilai 10. Kelompok dengan nilai terbanyak adalah pemenangnya.
6.
Guru bertanggung jawab
menjawab jika ada pertanyaan yang tidak bisa terjawab.
|
10
5
10
25
|
|
|
Penutup :
1.
Guru memandu menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
2.
Guru memberikan pengembangan konsep
3.
Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik.
4.
Menugaskan siswa secara berkelompok untuk membuat
kliping tentang peralatan TIK dari iklan koran, majalah, internet atau
lainnya.
|
10
5
5
|
|
|
Pertemuan ke : 2
Langkah-langkah
Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
Pendahuluan
1. Guru mengingatkan
pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru menanyakan kepada
siswa, “Peralatan TIK apa yang masih digunakan dan yang tidak digunakan lagi“?
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
5
3
2
|
|
|
Kegiatan Inti :
1.
Guru menggali
pengetahuan awal para siswa melalui tanya jawab.
2.
Guru mengirimkan file
multimedia interaktif (MI-1) dan Lembar kerja siswa (LK-1) ke masing-masing
komputer siswa.
3.
Melalui multimedia
interaktif (MI-1) siswa menemukan fungsi
berbagai peralatan TIK.
4.
Masing-masing siswa
diminta menceritakan fungsi berbagai peralatan TIK dari kliping dan
multimedia.
5.
Guru memberikan
komentar terhadap apa yang diceritakan siswa.
|
5
2
13
30
|
|
|
Penutup :
1.
Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
2.
Penilaian proses untuk mengetahui tingkat
ketercapaiannya.
|
20
|
|
|
F.
Sumber Belajar
a.
Perangkat TIK di lingkungan siswa dan sekolah (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, dll.),
b.
Buku yang relevan,
internet, multimedia interaktif.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1. Mengidentifikasi
peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai masa
2. Menjelaskan
fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
|
Tes tulis
Tes Tulis
|
Pilihan ganda
(tes interaktif)
Pilihan ganda
(tes interaktif)
|
LP-1
LP-1
|
Catatan :
_________________________________________________________
________________________________________________________
_________________________________________________________
__________________________________________________________
__________________________________________________________
__________________________________________________________
Mengetahui
Kepala SMP N 13 Surabaya
Dra, Lasminingsih, M. Pd.
NIP.19550109 198403 2 001
|
Surabaya, 01 Juli 2012
Guru Mata Pelajaran,
Karyadi, S. Pd.
NIP.19730722 200801 1 006
|
0 komentar:
Posting Komentar