RPP TIK KELAS 7 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 01

Sekolah
:
SMP Negeri 13 Surabaya
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/   Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1.   
Memahami penggunaan teknologi informsi dan komunikasi dan prospeknya di masa mendatang.
Kompetensi Dasar
:
1.1  

Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Alokasi Waktu
:
2 x  pertemuan (4 x 40 menit)



A.      Indikator
1.       Menjelaskan pengertian teknologi informasi dan komunikasi
2.       Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi
3.       Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat menjelaskan pengertian teknologi informasi dan komunikasi dengan tepat
2.       Siswa dapat mengidentifikasi peralatan teknologi informasi  dengan tepat
3.       Siswa dapat mengidentifikasi peralatan teknologi komunikasi  dengan tepat
4.       Setelah belajar melalui  multimedia interaktif siswa dapat menjelaskan fungsi berbagai peralatan TIK dengan tepat.
C.      Materi Pembelajaran
Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi  meliputi :
1.       Pengertian Teknologi  Informasi dan Komunikasi
2.       Peralatan teknologi Informasi
3.       Peralatan Teknologi komunikasi
4.       Fungsi berbagai peralatan TIK

D.      Metode Pembelajaran
Pendekatan
:
PAIKEM (Contextual Teaching Learning)
Model
:
Pembelajaran kooperatif
Metode
:
ceramah variatif, diskusi.

E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke : 1

Langkah-langkah Kegiatan
Waktu (menit)
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
1.       Apersepsi
a)      Guru menanyakan kepada siswa, “Siapakah yang pernah menggunakan telepon “?
b)      Siapakah yang bisa menjelaskan bagian-bagian telepon ?
2.       Menyampaikan   tujuan pembelajaran  

8


2


Kegiatan Inti :
1.       Guru menggali pengetahuan awal melalui pertanyaan atau tanya jawab.
2.       Guru membagi kelompok  siswa , masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang. Masing-masing kelompok diundi  untuk mendiskusikan satu peralatan TIK yang harus dipelajari.
3.       Masing-masing kelompok diberikan kesempatan mendiskusikan peralatan TIK yang menjadi tanggung jawabnya.
4.       Secara berurutan setiap kelompok melempar pertanyaan seputar peralatan TIK tertentu ke kelompok lain.
5.       Jika pertanyaan tidak dapat dijawab, maka kelompok tersebut tidak mendapat nilai, jika dapat dijawab diberi nilai 10. Kelompok dengan nilai terbanyak adalah pemenangnya.
6.       Guru bertanggung jawab menjawab jika ada pertanyaan yang tidak bisa terjawab.

10

5



10


25





Penutup :
1.       Guru memandu menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
2.       Guru memberikan pengembangan konsep
3.       Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik.
4.       Menugaskan siswa secara berkelompok untuk membuat kliping tentang peralatan TIK dari iklan koran, majalah, internet atau lainnya.

10

5
5




Pertemuan ke : 2
Langkah-langkah Kegiatan
Waktu (menit)
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
1.       Guru mengingatkan pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
2.       Guru menanyakan kepada siswa, “Peralatan TIK apa yang masih digunakan dan yang tidak digunakan lagi“?
3.       Menyampaikan   tujuan pembelajaran  


5

3

2


Kegiatan Inti :
1.       Guru menggali pengetahuan awal para siswa melalui tanya jawab.
2.       Guru mengirimkan file multimedia interaktif (MI-1) dan Lembar kerja siswa (LK-1) ke masing-masing komputer siswa.
3.       Melalui multimedia interaktif (MI-1) siswa menemukan  fungsi  berbagai peralatan TIK.
4.       Masing-masing siswa diminta menceritakan fungsi berbagai peralatan TIK dari kliping dan multimedia.
5.       Guru memberikan komentar terhadap apa yang diceritakan siswa.

5

2


13

30



Penutup :
1.       Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
2.       Penilaian proses untuk mengetahui tingkat ketercapaiannya.

20



F.       Sumber Belajar
a.       Perangkat TIK di lingkungan siswa dan sekolah (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, dll.),
b.      Buku yang relevan, internet, multimedia interaktif.

G.     Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.       Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai masa
2.       Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Tes tulis


Tes Tulis
Pilihan ganda
(tes interaktif)

Pilihan ganda
(tes interaktif)


LP-1


LP-1

Catatan :
_________________________________________________________
________________________________________________________
_________________________________________________________
__________________________________________________________
__________________________________________________________
__________________________________________________________
Mengetahui
Kepala SMP N 13 Surabaya


Dra, Lasminingsih,  M. Pd.
NIP.19550109 198403 2 001
Surabaya, 01 Juli 2012
Guru Mata Pelajaran,


Karyadi, S. Pd.
NIP.19730722 200801 1 006

Artikel Terkait Lainnya Seputar:





0 komentar:

  © Referensi IPTEK di dukung : Pakde Karyo Pakde Karyo 2011

Back to TOP