PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Penelitian tindakan kelas (PTK) sangat penting dilakukan oleh seorang guru, karena dengan PTK kualitas pembelajaran dapat diperbaiki. Bahkan sekarang PTK menjadi kewajiban seorang guru untuk persyaratan kenaikan pangkat. Menurut hasil penelitian banyak guru yang kenaikan pangkatnya berhenti di level golongan IV/a, penyebabnya adalah laporan PTK sebagai persyaratan kenaikan pangkat ke golongan IV/b yang tidak terpenuhi.

Untuk membuat penelitian langkah awal yang diperlukan adalah mengidentifikasi permasalahan dalam proses pembelajaran, selanjutnya menyusun profosal. Dalam menyusun profosal ada sistematikanya yang sudah baku, sehingga dapat digunakan oleh peneliti manapun. Berikut adalah contoh profosal PTK :

1.      Judul :
PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI  SISWA KELAS VII E SMPN 13 SURABAYA

2.      Latar Belakang
a.       Rendahnya minat belajar siswa
b.      Rendahnya prestasi belajar siswa
c.       Kecenderungan siswa memanfaatkan teknologi untuk memenuhi rasa ingin tahunya

3.      Perumusan Masalah
Masalah dalam penelitian ini secara umum dapat dirumuskan sebagai berikut : ”Apakah multimedia interaktif dapat meningkatkan minat belajar siswa ? ”.
Rumusan masalah tersebut dapat dijabarkan secara rinci sebagai berikut :
a.       Apakah multimedia interaktif dapat meningkatkan minat baca siswa kelas  VII E SMPN 13 Surabaya Tahun Pelajaran 2011 – 2012  terhadap materi sejarah perkembangan TIK ?
b.      Apakah multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMPN 13 Surabaya Tahun Pelajaran 2011 – 2012  terhadap materi sejarah perkembangan TIK ?

4.      Cara Pemecahan Masalah
Pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah memanfaatkan multimedia interaktif yang dirancang sendiri menggunakan flash. Pemanfaatan multimedia interaktif ini dilakukan melalui tindakan :
a.       Merancang dan membuat multimedia interaktif yang dibutuhkkan
b.      Membuat skenario pembelajaran  yang terdiri dari langkah-langkah kegiaitan yang dilakukan guru maupun siswa.
c.       Menyiapkan fasilitas yang diperlukan dalam proses pembelajaran (instalasi multimedia  pada masing-masing komputer di laboratorium multi education)
d.      Menyiapkan alat untuk mengumpulkan data (lembar observasi dan evaluasi)
e.       Melaksanakan kegiatan sesuai dengan rancangan kegiatan

5.      Tujuan dan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas
a.      Tujuan
1)      Untuk mengetahui apakah multimedia interaktif  mempengaruhi minat baca siswa
2)      Untuk mengetahui apakah multimedia interaktif  mempengaruhi prestasi belajar siswa

b.      Manfaat
1)      Bagi siswa : dapat menumbuhkan minat belajar dan merangsang mereka untuk memanfaatkan teknologi untuk pengembangan diri.
2)      Bagi guru  : untuk membantu menemukan pendekatan pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
3)      Bagi sekolah  : Memberikan informasi kepada guru lain dan masyarakat sekolah tentang peranan multimedia interaktif dalam pembelajaran.

6.      Kerangka Teoretik dan Perumusan Hipotesis
a.      Kerangka Teori
1)      Teori Belajar
2)      Minat Belajar
3)      Prestasi belajar
4)      Media Pembelajaran

b.      Hipotesis Tindakan
” Dengan memanfaatkan multimedia interaktif pada saat pembelajaran materi sejarah perkembangan TIK , dapat meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa”.

7.      Rencana Penelitian
a.      Setting Penelitian dan Karakteristik Subyek Penelitian
1)      Setting Penelitian
(1)   Lokasi Penelitian :
Penelitian dilakukan di dalam kelas dan laboratorium komputer SMP Negeri 13 Surabaya.
(2)   Waktu penelitian  :
Penelitian dilakukan mulai awal bulan September sampai minggu ke 3 bulan  Nopember 2011
(3)   Mata pelajaran      :
Dalam penelitian ini siswa mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan kompetensi dasar,” Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang”. Materi yang dipelajari meliputi :
(a)    Alat komunikasi pada masa pra sejarah
(b)   Alat komunikasi pada masa sejarah
(c)    Alat komunikasi pada masa moderen
(d)   Sejarah perkembangan komputer

2)      Karakteristik Subyek Penelitian :
Kelas VII E  terdiri dari 38 siswa, laki-laki berjumlah … siswa dan perempuan …. siswa. Siswa kelas VII E  sebagai subyek penelitian ini memiliki karakteristik yang heterogen. Heterogen baik dalam segi kemampuan intelegensi, motivasi belajar, latar belakang keluarga, maupun sifat dan wataknya. Dari segi watak ada beberapa siswa yang memiliki watak sulit diatur, sehingga kadang-kadang menyulitkan guru pada saat pembelajaran berlangsung. Namun secara umum memiliki kepribadian yang cukup baik.

b.      Variabel yang Diteliti
Dalam penelitian ini ada beberapa variabel antara lain :
1)      Variabel bebas   :  multimedia interaktif sejarah perkembangan TIK
2)      Variabel terikat  :  minat belajar siswa
3)      Variabel kontrol :  materi, rombel, lokasi penelitian

c.       Rencana Tindakan
1)      Perencanaan
(1)   Menyusun perencanaan Pembelajaran yang relevan
(2)   Membagi kelompok secara acak. Setiap kelompok terdiri dari 3- 4 siswa .
(3)   Menyusun Multimedia Interaktif
(4)   Menyusun lembar observasi dan evaluasi

2)      Implementasi Tindakan
(1)   Guru memberikan motivasi pentingnya mempelajari sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
(2)   Masing-masing kelompok  diberikan tugas membaca materi interaktif yang telah disiapkan pada  10 unit komputer di ruang multi education .
(3)   Setiap kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan guru, kemudian mempresentasikan hasilnya didepan kelas.
(4)   Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap kelompok yang sedang  presentasi di depan kelas.

3)      Observasi dan Interpretasi
(1)   Guru mengamati aktivitas masing-masing siswa, apakah mereka terlibat dalam proses pembalajaran atau tidak menggunakan lembar observasi.
(2)   Memberikan  tes setelah proses pembelajaran.

4)      Analisis dan Refleksi
Guru membuat kesimpulan apakah perlakuan yang telah diberikan mempengaruhi minat belajar para peserta didik atau tidak. Jika tidak berpengaruh akan dilakukan penelitian pada siklus kedua.

d.      Data dan cara Pengumpulannya
1)      Metode Observasi
Observasi dilakukan secara langsung pada saat pembelajaran dikelas. Observasi ini dilakukan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa selama belajar.

2)      Metode Tes
Metode ini digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa selama menggunakan media pembelajaran aplikasi interaktif.

3)      Metode quesioner
Metode ini digunakan untuk mendapatkan tanggapan dari siswa tentang penggunaan multimedia interaktif terhadap materi sejarah perkembangan TIK.

e.       Indikator Kinerja
1)      Terjadi perbaikan minat belajar siswa dibandingkan sebelum diberikan perlakuan
2)      Terjadi perbaikan hasil belajar siswa dibandingkan sebelum diberikan perlakuan

8.      Jadwal Penlitian ( Lampiran : LP-1)
9.      Rencana Anggaran ( Lampiran : LP-2)
10.  Daftar Pustaka (Lampiran : LP-3 )
11.  Lampiran-lampiran :
a.       Jadwal penelitian (LP-1)
b.      Rencana anggaran (LP-2)
c.       Daftar pustaka (LP-3)
d.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (LP-4)
e.       Screenshoot multimedia pembelajaran interaktif (LP-5)
f.       Lembar observasi (LP-6)
g.      Lembar Evaluasi (LP-7)
h.      Rubrik penilaian diri (LP-8)


Surabaya,  Agustus 2011
Peneliti,


Karyadi, S. Pd.
NIP. 19730722 200801 1 006
 Untuk mendapatkan versi lengkap  dalam format doc, termasuk lampiran-lampiran  dan RPP pendukung silahkan klik disini

Artikel Terkait Lainnya Seputar:





0 komentar:

  © Referensi IPTEK di dukung : Pakde Karyo Pakde Karyo 2011

Back to TOP